Bagaimana Sektor Pariwisata Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi Corona? – Pandemi COVID-19 juga telah memberikan dampak dalam industri pariwisata dan ekonomi kreatif di Indonesia. Tidak main-main, sejak Februari 2020 jumlah wisatawan mancanegara yang masuk ke Indonesia mengalami penurunan yang sangat drastis.

Hal itu dikarenakan adanya pembatasan sosial berskala besar dan ditutupnya akses keluar masuk Indonesia. Lantas, Bagaimana perkembangan wisatawan mancanegara ke Indonesia hingga akhir tahun 2021?

Berbagai macam upaya dilakukan untuk menyelamatkan pariwisata Indonesia. Terdapat tiga fase “penyelamatan” yang dilakukan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif/Badan Pariwisata dan Ekonomi Kreatif diantaranya adalah Tanggap Darurat, Pemulihan, dan Normalisasi.

Pandemi Covid-19 yang menghantam dunia berimbas pada dunia pariwisata Indonesia. Terjadi penurunan pendapatan sektor pariwisata sekira Rp 59,1 triliun sampai Rp 86 triliun.

Padahal, sektor pariwisata selama ini memiliki kontribusi besar terhadap Produk Domestik Bruto (PDB), sekitar 5,5 persen dari total Rp 280 triliun PDB. Di sisi lain, sektor pariwisata juga menyerap hingga 10 persen angkatan kerja dari 12,7 juta angkatan kerja.

Mau tahu Bagaimana Sektor Pariwisata Indonesia Bertahan di Tengah Pandemi Corona? Langsung aja yuk, kita simak videonya!

Kategori: KesehatanUmum

0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.