Realisasi Pajak Indonesia 2022 – Kementerian Keuangan (Kemenkeu) melaporkan kinerja penerimaan pajak naik pada awal 2022. Realisasi penerimaan pajak Januari 2022 tercatat sebesar Rp 109,1 triliun, naik 59,39% dari periode sama tahun 2020 yang hanya berjumlah Rp 68,45 triliun. Sedangkan untuk per Februari 2022 mencapai Rp199,44 triliun, jumlah ini juga mengalami pertumbuhan 36,5% dari periode sama di tahun lalu yang jumlahnya sebesar Rp 146,1 triliun.

Realisasi penerimaan pajak negara pada Februari 2022 baru mencapai 15,8% dari target Anggaran Pendapatan Belanja Nasional (APBN) 2022, yang totalnya sebesar Rp1.265 triliun. Dalam dua bulan pertama tahun 2022, realisasi penerimaan pajak terbesar berasal dari pajak penghasilan (PPh) non-migas. Kemenkeu menilai naiknya kinerja penerimaan pajak ini ditopang oleh pemulihan ekonomi, yang di antaranya terlihat dari perbaikan Purchasing Managers’ Index (PMI) manufaktur, harga komoditas, dan ekspor-impor.

Ingin tahu lebih lanjut mengenai Laporan Realisasi Penerimaan Pajak (Periode Januari – Februari 2022)? Mari kita simak ulasan berikut ini yang disusun oleh tim Jajakdata.

Temukan informasi menarik dan data aktual lainnya di JAJAKdata. Bagikan post ini kepada teman-temanmu sehingga mereka bisa mengambil manfaat dari post ini. Jika ada info tambahan, langsung berikan komentar kamu di bawah ini.

Kamu juga bisa request topik yang ingin diulas oleh JAJAKdata. Nanti kami buatkan visualisasi datanya dan akan diterbitkan di website ini atau di channel Youtube kami. Jadi pastikan kamu subscribe channel Youtube kami ya  👉 Channel YouTube JAJAKdata.


0 Komentar

Tinggalkan Balasan

Avatar placeholder

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.